Kota Bogor Dapat Bantuan Rp1,5 Miliar Dari Kementerian PU untuk P2KH

Tahap inisiasi tersebut mencakup tiga aspek, pertama perencanaan dan pencanangan kota yang ramah lingkungan (green planning and design), kedua, perwujudan ruang terbuka hijau seluas 30 persen (green open space) dan ketiga peningkatan peran masyarakat melalui komunitas hijau (green community).

Demikian disampaikan Nirwono Joga, anggota tim P2KH Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sebagai narasumber dalam seminar Empowering for Green Cities from Planning to Action.

Seminar yang digelar Bappeda Kota Bogor terkait peringatan Hari Tata Ruang yang jatuh setiap tanggal 8 Nopember di Ruang Rapat I Balaikota Bogor Jalan Ir. H. Juanda Nomor 10 Kota Bogor Kamis (24/11/2011).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Kota Bogor, Hari Sutjahyo dan Kepala Dinas Pengawasan Bangunan dan Permukiman (Wasbangkim) Kota Bogor, Erna Hernawati.

“Dengan persiapan dari masing-masing Kota/ Kabupaten dalam mewujudkan Green City, diharapkan pada 8 Nopember 2012 semua Kota/ Kabupaten yang terpilih dalam P2KH dapat launching 3 program bersama-sama. Yaitu Perda tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH), pembuatan green map, dan peresmian taman kota yang dibangun selama tahun 2012,” urai Joga lebih lanjut.

Kemajuan dari penerapan konsep Green City ini yang nantinya akan menjadi kriteria penilaian. Skenario pelaksanaan P2KH dibagi dalam 4 tahapan. Yaitu tahap inisiasi, tahap implementasi, tahap replikasi, dan tahap institusionalisasi lintas sektor.
 
Skenario ini, kata Joga, berlangsung untuk jenjang 2011-2014, dengan proyek awal di 60 Kota/ Kabupaten dan diharapkan bisa di implementasikan di seluruh Kota/ Kabupaten se-Indonesia pada 2014.

Diungkapkan,  sebagai kota yang terpilih dalam P2KH, Kota Bogor mendapat bantuan sebesar  Rp1,5 miliar untuk tahap awal. Alokasi dana ini nantinya dikhususkan untuk bidang pertamanan.  Sehingga nantinya dengan konsep P2KH yang berkelanjutan diharapkan Kota Bogor dapat mewujudkan 8 atribut Green City yang tidak hanya mencakup Green Planning and Design, Green Open Space, dan Green Community saja, tapi juga termasuk konsep Green Water, Green Transportation, Green Waste, Green Energy, dan Green Building.(dicky)