Komda Lansia Kota Bogor Lakukan Pendataan dan Monitoring

Kedua kegiatan tersebut di atas, juga merupakan Program Kerja Komda Lansia Kota Bogor Tahun 2012. “ Untuk tahun 2012, Komda Lansia melakukan pendataan penduduk lansia yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pemetaan Lansia di Kota Bogor.”
Sebelumnya, Komda Lansia juga telah melaksanakan Sosialisasi kepada Unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bogor dan Yayasan yang menangani Masalah Lansia. Dengan sosiasilisasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman lintas sektor dan stakeholder. Sebagai salah satu upaya menuju lansia sehat dan aktif.
Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada Lansia, Kota Bogor juga telah memiliki Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) yang tersebar di 6 (enam) Kecamatan se Kota Bogor. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Pelayanan Preventif kesehatan bagi Penduduk Lanjut Usia. Pemerintah Kota Bogor juga memberikan bantuan modal bagi lansia. Dengan diberikannya bantuan dan pelayanan kesehatan kepada lansia, diharapkan Lansia Kota Bogor dapat melaksanakan fungsi sosialnya, berdaya dan terus berperan aktif dalam hidup bermasyarakat.

Komda Lansia Kota Bogor dibentuk berdasarkan Keputusan Walikota Bogor Nomor 400.45-231 tentang Pembentukan Komda Lansia. Pembentukan Komda lansia ini bertujuan dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan social dan penanganan lanjut usia Kota Bogor, secara intensif melalui wadah koordinasi yang bersifat non struktural. Komda Lansia memiliki tugas menyusun, merumuskan dan mengkoordikan kebijakan, strategi, program,kegiatan dan langkah – langkah yang diperlukan dalam penanganan lansia Kota Bogor. (dw)