PEMERINTAH KOTA BOGOR KONSULTASIKAN RANCANGAN AWAL RKPD

 

Dalam rangka  penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Bogor  Tahun 2014, Pemerintah Kota Bogor melaksanakan acara  konsultasi Rancangan Awal  RKPD kepada DPRD Kota Bogor pada Senin (25/2) bertempat di Ruang Sidang DPRD. Acara konsultasi dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bogor Ir. Mufti Faoqi dan dihadiri oleh gabungan Komisi. Sedangkan Pemerintah Kota Bogor diwakili  oleh Kepala Bappeda Kota Bogor, Ir. Hari Sutjahjo   yang didampingi oleh para Kepala Bidang  di lingkungan Bappeda Kota Bogor.

Penyusunan RKPD merupakan amanat  Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8  Tahun 2008tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah,  yang diawali dengan penyusunan Rancangan Awal RKPD. Acara Konsultasi tersebut merupakan bagian  dari  penyusunan RKPD.  “Salah satu usulan  kegiatan   dalam RKPD  adalah Reses Anggota DPRD Kota Bogor, ” demikian diungkapkan Hari Sutjahjo.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Bogor. Ia berharap acara konsultasi ini dapat meningkatkan sinergitas perencanaan pembangunan di Kota Bogor  dalam rangka mewujudkan Visi Kota Bogor.

RKPD  Tahun 2013 merupakan landasan dalam penyusunan  KUA dan PPAS dalam rangka penyusunan Rancangan  Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2013  yang ditetapkan secara bersama – sama  antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

RKPD memiliki fungsi pokok antara lain  sebagai acuan  bagi seluruh pelaku pembangunan dalam menjabarkan  kebijakan publik, Pedoman dalam penyusunan APBD sesuai dengan arah kebijakan dan sebagai bahan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang APBD. (dr)