PEMERINTAH KOTA BOGOR GELAR MUSRENBANG TINGKAT KOTA

Setelah menggelar musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Tingkat  Kelurahan dan kecamatan serta forum SKPD,  Pemerintah Kota Bogor menggelar Musrenbang Tingkat Kota Bogor Tahun 2013 pada Kamis (14/3). Bertempat di Ruang Rapat I Balaikota Bogor. Acara yang dihadiri sekitar tiga  ratus undangan itu dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Wakil Walikota Bogor, BKPP Wilayah I Bogor dan Bappeda Propinsi Jawa Barat, para delegasi kecamatan dan stakeholders.


Musrenbang kali ini terbilang istimewa, selain menghadirkan kesenian tradisional binaan  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, juga dihadirkan  pameran dari  SKPD. Pada pameran tersebut, Dinas Kesehatan Kota Bogor menggelar pemeriksaan kesehatan gratis  bagi para peserta. Drs. Soni Nasution, selaku Sekretaris Bappeda. Dalam laporannya menyatakan bahwa  hasil Musrenbang  Kota Bogor Tahun 2013 ini akan ditindaklanjuti  dengan kegiatan penyusunan RKPD Tahun 2014 sebagai dasar penyusunan KUA, PPAS dan APBD Kota Bogor Tahun 2014.  

Wakil Walikota Bogor, drh. Ahmad Ru`yat  dalam sambutannya, berpesan   agar pembangunan yang dilaksanakan lebih  mengedepankan  pada  pelayanan publik.  Menurutnya,  RPJMD Kota Bogor telah mengamanatkan bahwa pembangunan  di Kota Bogor dilaksanakan  secara merata. Sehingga konsep pembangunan  harus didesentralisisakan ke wilayah hingga ke RT dan RW.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris BKPP Wilayah I Bogor  menyatakan  bahwa Target pencapaian  Indeks Pembangunan Manusia (IPM)  menjadi basis  bagi peningkatan kesejahteraan rakyat  pada tahun 2014.

Untuk itu, apa  yang dirumuskan  bersama dalam acara musrenbang merupakan salah satu upaya untuk mengakselerasi  pencapaian target IPM sebagai indikator keberhasilan pembangunan  pemerintah Kota dan Propinsi Jawa Barat. Berdasarkan proyeksi, target IPM  Propinsi tahun 2014 sebesar 75,62 – 75,89. Sementara untuk Kota bogor proyeksi target IPM sebagaimana telah ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar 80,73. (dr)