TPST 3 R TARUNA KOMPOS MULYAHARJA BANTU WUJUDKAN PROGRAM PRIORITAS PEMBANGUNAN KOTA BOGOR

Tempat Pengelolaan  Sampah Terpadu(TPST) dengan sistem Reduce, Reuse dan Recycle atau yang lebih dikenal  dengan konsep 3 R, Taruna Kompos  di Kelurahan Mulyaharja ternyata mampu membantu  mewujudkan salah satu dari empat program prioritas pembangunan Kota Bogor, yaitu prioritas dibidang kebersihan.

“Hasil yang didapat dari  pengelolaan sampah tersebut, selain membantu salah satu 4 program prioritas kota Bogor, khususnya prioritas kebersihan, ternyata juga mampu merubah paradigma masyarakat, yang tadinya membuang sampah ke sungai atau membakar, kini sudah tidak lagi. ” demikian diungkapkan Tedy Supriyadi Ketua TPST 3 R Taruna Kompos, dalam diskusi pelatihan  Tim Teknis, Tim Evaluasi dan Penyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan (RPJMK) Periode 2013 – 2017, pada Selasa (26/3) di Hotel Grand Jaya Raya, Cipayung.

Pengelolaan Sampah 3 R Kompos Taruna yang   mulai berdiri sejak bulan Agustus tahun 2009, dengan sistem  pengelolaan bersifat manual, hampir sama  dengan Rumah Kompos Griya Melati. Sistem dilakukan dengan pengangkutan dari rumah ke rumah, setiap hari.

“Pada awalnya  hanya dua RT saja yang dikelola. Namun seiring  dengan tuntutan masyarakat, kini  TPST Kompos Taruna sudah  mengelola 18 RT di 4 RW, yaitu RW.03, RW,11, RW.04 dan RW. 12. Sampai dengan Juni  tahun 2012, jumlah penduduk yang dilayani sejumlah1881. TPST beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 14.00 WIB,” ungkap Tedy.

Tedy berharap fasilitas pengelolaan TPST Taruna Kompos Kelurahan Mulyaharja dapat lebih ditingkatkan, sehingga mampu memperluas jangkauan pengelolaan.

“Saat ini mesin pencacah tidak optimal dan alat transportasi, selama ini kami masih menyewa.

Sementara itu, Kasubid Sarana Prasarana Kota, Bappeda Kota Bogor, Marse Hendra, S.STP  mengungkapkan untuk pengelolaan 3 R di Kota Bogor,  Pemerintah Kota Bogor telah mengusulkan kegiatan  peningkatan sarana dan kualitas 3 R pada Pra Musrenbang Wilayah I  Propinsi Jawa Barat. Kebutuhan fasilitas TPST 3 R juga akan menjadi salah satu  usulan dalam penyusunan RPJMK Kelurahan.

“Kedepan semua kelurahan diharapkan memiliki  pengelolaan sampah dengan sistem 3 R seperti yang dilakukan di Kelurahan Mulyaharja.” (dr)