LOMBA TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK STBM DI KOTA BOGOR

Pemerintah Kota Bogor melaksanakan lomba teknologi tepat guna untuk sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di 12 Lokasi di Kota Bogor. Kegiatan ini bertujuan 1. Mengembangkan teknologi sanitasi yang inovatif, sesuai kebutuhan, aman, terjangkau, dapat diaplikasikan di perkantoran serta mudah direplikasi, 2. Mendorong partisipasi masyarakat dan pelaku sanitasi dalam pengembangan inovasi teknologi sanitasi yang tepat guna, 3. Tersedianya teknologi tepat guna dan daftar inventori teknologi sanitasi, 4. Mensosialisasikan pilihan teknologi sanitasi yang tersedia.


Menurut survei Demografi Kesehatan Dasar terakhir (2007), angka kematian bayi dan balita yaitu 44 per 1000 kelahiran hidup, dimana diare memberikan kontribusi paling besar. Hal ini terjadi baik di pedesaan maupun perkotaan. Untuk menjawab tantangan tersebut Kementrian Kesehatan meluncurkan Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan Keputusan Menteri Kesehatan No. 852 tahun 2008. Kota Bogor merupakan salah satu dari 10 Kota di Indonesia yang dipilih pemerintah untuk mencoba menerapkan dan mengembangkan program sanitasi berbasis masyarakat.

STBM terdiri dari 5 pilar yaitu: 1. Stop buang air besar sembarangan, 2. cuci tangan pakai sabun, 3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga yang aman 4. Pengelolaan sampah rumah tangga yang aman dan 5. pengelolaan limbah cair rumah tangga yang aman. (crta)