KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI TERKAIT KEMITRAAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI DAERAH

 

Penyusunan Permendagri tentang Pengembangan Produk Berbasis Usaha Lokal Melalui Kemitraan Usaha adalah upaya dalam rangka menyelenggarakan pemerintah daerah bidang pengembangan ekonomi, dengan memanfaatkan sumber daya daerah, meningkatkan daya saing daerah, kesejahteraan masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Dalam rangka menyempurnakan rancangan Permendagri tersebut, Kementerian Dalam Negeri mengadakan Rapat Konsultasi Publik Rancangan Permendagri Terkait Kemitraan Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah.

Rapat Konsultasi Publik Terkait Kemitraan Dalam Pengembangan Ekonomi Daerah tersebut diadakan mulai tanggal 9 s/d 11 Oktober 2013 di kota Batam. Hadir dalam rapat tersebut Gubernur Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, NTB, NTT. Selain itu hadir pula Bupati Bandung, Cimahi,, Bantul, Sragen, Kendal, Sidoarjo, Gresik, Jombang, Banjar, serta Walikota Padang, Batam, Sungai Penuh, Bandungh, Bogor, Semarang, Surabaya, mKasasar, Manado, Mataram, dan Kupang.

Maksud rancangan permendagri ini: memberi pedoman kepada pemangku kepentingan dalam pengembangan produk berbasis usaha lokal melalui kemitraan usaha. Tujuan rancangan permendagri ini adalah meningkatkan peran dan kemampuan usaha lokal dalam mengembangkan usaha dengan mengelola dan memanfaatkan sumber daya lokal sebagai bagian dari pengembangan ekonomi daerah. Selain itu, turut mewujudkan kemitraan usaha dalam program pengembangan ekonomi. (ratu)